Yockie Suryoprayogo – Selamat Jalan Kekasih (c. 1984)

IMG_20150712_103231

Jika saya ditanya siapa idola segala idola saya di blantika musik tanah air, saya akan dengan mantap menjawab Yockie Suryoprayogo. Akan tetapi, selama belasan tahun menggemari Yockie, saya belum pernah berjodoh dengan satu pun kaset album solo Yockie kecuali Jurang Pemisah (yang kadar ke-solo-annya berkurang karena dewasa ini Musica merilis ulang Jurang Pemisah di dalam katalognya Chrisye). Saya mengetahui kiprah solo Yockie, di luar kolaborasinya dengan Chrisye, God Bless, Kantata, Swami, dan beberapa penyanyi yang diproduserinya, melalui berkas-berkas mp3 yang direkam dari kaset oleh para pengunggah di jagat Multiply (sekarang sudah almarhum). Akhirnya kemarin, saya memperoleh kaset ini: album Selamat Jalan Kekasih.

Kaset-kaset Yockie memang sulit didapat, terutama sekali karena ia tidak sekomersil mantan kolaboratornya Chrisye, yang album-albumnya terus menerus dirilis ulang (bahkan sekarang masih tersedia dalam format CD). Sepertinya bagi Yockie masing-masing albumnya adalah kesempatan untuk bereksperimen dan menunjukkan arah musik pribadinya yang tidak tersentuh oleh kompromi dengan label dan musisi-musisi lain (walaupun album-albumnya kemungkinan adalah hasil negosiasi dengan label tempat ia bernaung sebagai produser, pencipta lagu, dan pengarah musik). Dengan demikian, album-album Yockie (pasca Musik Saya Adalah Saya) seolah menjadi produk sampingan kesuksesannya menggarap musik untuk, antara lain, Chrisye, Vina Panduwinata, dan Dian Pramana Poetra.

Album ini saya duga dikerjakan dan dirilis dalam waktu hampir bersamaan dengan album Chrisye yang berjudul Sendiri (akhir 1984). Maklum, sudah langka tidak ada angka tahunnya pula. Mendengarkan kedua album ini beriringan, saya jadi membayangkan berakhirnya era kolaborasi Eros Djarot-Chrisye-Yockie Suryoprayogo (ECY) yang sukses secara musikal dan komersil selama tiga album (ketiganya dianggap sebagai album Chrisye), yang menurut Yockie sendiri adalah perpisahan yang sangat pedih (pernah ia tuturkan sendiri di akun Multiply miliknya). Yockie dan Chrisye berpisah, sementara Eros masih berusaha untuk menjalin kerjasama dengan keduanya secara terpisah. Album Sendiri sebagian besar adalah kolaborasi Eros dan Chrisye tanpa Yockie, sementara album Selamat Jalan Kekasih adalah kolaborasi Eros dan Yockie tanpa Chrisye. Kedua album ini pun bahkan didukung Uce Hudioro pada drums dan Addie MS untuk urusan orkestrasi.

Berbeda dengan album Yockie sebelumnya, Punk Eksklusif, yang merupakan eksplorasi lebih liar dari ragam reggae dan ska yang sebelumya nongol di album Resesi dan Metropolitan-nya ECY, album ini lebih kalem. Yockie lebih sering masuk ranah adult contemporary pop di album ini dan garapan musiknya lebih menunjukkan fusion pop jazz/cool jazz/jack jazz rabbit apapun itu lah, tapi yang jelas ini album galau tetapi dewasa, atau menunjukkan kegalauan yang dewasa (halah). Kegalauan ini terasa sejak lagu pertama, Selamat Jalan Kekasih, yang umumnya kita kenal sebagai salah satu lagu wajibnya Chrisye yang kerap diputar di teve ketika mengantarkan almarhum ke alam kekal. Di album ini, Selamat Jalan Kekasih tentu tampil berbeda. Suara Yockie (yang tentu tidak semerdu suara Chrisye) justru terdengar lebih sedih, ditambah dengan synth yang bermain di oktaf yang sangat rendah dan string yang juga bermain di wilayah yang sama turut menambah kemuraman lagu ini. Sepertinya bukan tanpa alasan Yockie memilih lagu yang ditulisnya bersama Eros ini. Ia seperti mengucapkan selamat jalan untuk sahabatnya yang terkasih yang tengah mengejar cita-cita komersial dan melihat dirinya sendiri menatap masa depan dengan arah musik yang baru.

Selamat jalan kekasih
Kejarlah cita-cita
Jangan kau ragu ‘tuk melangkah
Demi masa depan dan segala kemungkinan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s